Sabtu, 07 Desember 2013

Tips Mudah Cara Belajar Bahasa Inggris

cara mudah belajar bahasa inggris,cara belajar bahasa inggris,belajar bahasa inggris,tips mudah belajar bahasa inggris
Artikel ini sebagai kelanjutan dari artikel kemarin Pengantar Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris. Jujur saya kurang begitu mantap kalau harus memberi judu seperti “Cara Mudah” atau “Metode Mudah” pada artikel ini seperti yang saya janjikan kemarin. Hal ini saya lakukan karena bagi saya pribadi semua akan terasa mudah di awal dan akhir kalau diniatkan dengan baik dan tentunya dengan etos yang baik pula. Etos disini merupakan nilai-nilai positif yang perlu ditanamkan seorang pembelajar bahasa Inggris untuk mencapai tujuan yang diinginkannya yaitu menguasai bahasa asing ini dengan lancar, etos ini antara lain keuletan, ketekunan, kesabaran dan pantang menyerah. (he3x). Meskipun hal sepele, tapi kalau tidak diniatkan dengan baik pastinya akan terasa sulit juga. Jadi artikel ini saya kasih judul seperti di atas, tips mudah cara belajar bahasa Inggris

Sekaligus tips yang pertama sudah saya singgung di atas yaitu niat yang kuat untuk belajar bahasa Inggris. Niat biasanya terkait dengan tujuan. Jadi tanyakan dulu dalam diri anda untuk apa saya belajar bahasa Inggris ?

Tips cara mudah belajar bahasa Inggris berikutnya adalah dengan cara meniru sebanyak mungkin, meniru model yang ada. Model ini bisa berupa visual (dari hasil membaca teks bahasa Inggris, melihat langsung orang berbicara dalam bahasa Inggris melalui TV, di tempat-tempat pariwisata atau melalui media yang lain), secara audio atau mendengarkan pembicaraan berbahasa Inggris contohnya melalui radio, atau dengan cara kinestetik yaitu mempraktikkan sendiri dengan mencari lawan bicara secara langsung atau melalui English forum.

Semakin banyak model yang anda tiru, maka semakin cepat pula kemampuan bahasa Inggris anda akan berkembang dan tentunya juga terlihat lebih profesional. Model yang anda tiru disini bisa berupa kosa kata yang bervariasi, struktur kalimat, style atau gaya berbicara, intonasi, dan lain sebagainya. Jangan terlalu kaku dengan logat yang kita miliki karena kurangnya model yang bisa ditiru.

Perlu anda perhatikan bahwa proses meniru tidak bisa dilakukan hanya sekali melihat, membaca, atau mendengarkan, tentunya butuh proses yang berulang. Pengulangan ini bisa anda lakukan kalau model yang anda tiru merupakan model yang bisa diputar ulang seperti halnya rekaman mp3, mp4 atau yang lain. Nah, bagaimana kalau model percakapan langsung di dunia nyata, siaran televisi, dan radio ? tentu saja model yang berupa gaya bicara atau pronunciation dan intonasi hanya bisa anda tiru sekali itu saja, namun tidak menutup kemungkinan bisa berulang atau anda jumpai model yang sama namun pada konteks yang berbeda. Yang bisa anda ulang hanyalah pada ragam kosa kata yang anda dapatkan, dan tentu saja anda harus mencatatnya agar bisa anda buka kembali untuk dibaca dan diingat. Mungkin membuka dan membaca kembali daftar kosa kata yang sudah didapat merupakan suatu hal yang sulit bagi anda. Tapi seperti yang saya bilang di awal, niat yang kuat untuk belajar bahasa Inggris akan menjadikan semuanya menjadi mudah. (he3x).

Cara belajar bahasa Inggris di atas sebetulnya sudah cukup untuk mengantarkan anda bisa berbicara bahasa Inggris dengan mudah dan lancar. Namun alangkah baiknya disamping anda meniru banyak model, selingi dengan mempelajari grammar. Hal ini akan saling melengkapi, meningkatkan pemahaman anda mengenai struktur kalimat dan tentu saja akan semakin memperkuat dan mempertajam kemampuan anda dalam berbicara dan menulis.