Rabu, 11 Desember 2013

Cara Cepat Menguasai Kosa Kata Bahasa Inggris

cara cepat menguasai kosa kata bahasa inggris,kosa kata bahasa inggris,cara cepat belajar bahasa inggris,cara cepat belajar kosa kata bahasa inggris
Cara cepat belajar bahasa Inggris identik pula dengan kosa kata. Semakin cepat anda memperbanyak daftar kata di dalam otak, maka semakin cepat pula akan menguasai bahasa Inggris. Kosa kata bahasa Inggris ibarat cangkul sebagai senjata utama bagi pak Tani untuk mengolah ladangnya. Jika cangkul tidak ada, maka tidak ada yang bisa dilakukan, tanah tidak akan subur dan tanpa perkembangan yang berarti. Begitulah ibarat belajar bahasa Inggris tanpa kosa kata, pasif dan susah untuk berkembang.

Cara cepat menguasai kosa kata bahasa Inggris disini tentunya juga relatif, tergantung seberapa besar niat dan usaha serta waktu yang kita curahkan untuk belajar. Tidak ada hasil yang memuaskan tanpa usaha yang maksimal dan pastinya tidak ada usaha yang sia – sia (he3x). Jadi alangkah enaknya kalau saya menyebutnya disini pengalaman pribadi dalam belajar kosa kata bahasa inggris dengan cepat, bukannya cara cepat yang terkesan pasti berhasil mulus tanpa kendala bak jalan tol.

Banyak membaca teks berbahasa Inggris

Luangkan sedikit waktu kita untuk membaca buku teks berbahasa Inggris setiap harinya. Mulailah dari yang paling sederhana reading textnya. Reading text yang seperti ini bisa kita temukan pada buku pelajaran bahasa Inggris anak SD, cerita dongeng atau buku lainnya yang sifatnya deskripsi cerita atau kegiatan sehari – hari. Jangan membaca dulu bacaan yang bertema sains, games, teknologi atau kedokteran yang biasanya kosa katanya lebih rumit dan mengandung istilah – istilah rumit terkait yang sulit dipahami. Bagi pemula, hal ini akan menjatuhkan mental dan semangat di awal.

Siapkan kamus dan buku catatan kecil

Usahakan menggunakan kamus, bukannya translator yang hasilnya lebih instan. Sembari membuka – buka bagian kamus sambil mengingat – ingat kata yang kita cari untuk ditemukan artinya, secara tidak sadar proses tersebut sekaligus sebagai proses menghafal dan tentunya kemungkinan terekamnya di oatak lebih besar daripada memakai translator yang hasilnya instan. Translator memang merupakan cara cepat menemukan arti dari sebuah kata tapi bukan merupakan cara cepat menguasai kosa kata bahasa Inggris.

Buku catatan kecil disini bisa kita beli ataupun dibuat sendiri. Buku catatan ini fungsinya untuk mengarsipkan kata-kata sulit yang kita jumpai dalam proses membaca dan tentunya telah kita temukan artinya di kamus sebelumnya.

Melihat TV, mendengarkan radio dan musik

Ketika melihat film atau acara berita berbahasa Inggris dengarkan secara serius tapi tetep santai dan tidak usah risau atau tegang ketika kita tidak bisa memahami, menangkap kata atau kalimat yang diucapkan oleh pembicara. Lanjutkan terus, berlatihlah setiap hari minimal 30 menit. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, ada banyak persamaan kata atau variasi kata yang bisa kita dapatkan dari kegiatan mendengar ini yang tidak bisa kita dapatkan dari kegiatan membaca atau reading. Variasi kata ini misalkan : push (mendorong), encourage (mendorong), support (mendukung/mendorong); strenghten (memperkuat), enhance (memperkuat); back down, get down, calm down; over there, over here, etc.

Mengulas dan mengelompokkan kata

Suatu wadah dengan ukuran tertentu jika terisi suatu zat secara terus menerus pastinya akan tumpah. Begitu juga dengan otak manusia, kemampuan mengingatnya juga terbatas. Agar kosa kata bahasa Inggris yang sudah kita catat bisa lebih lama permanen tertanam di otak, maka paling tidak seminggu sekali kita harus mengulas atau membaca ulang keseluruhan list kata yang sudah kita catat. Sebetulnya ada cara yang lebih cepat dan efektif selain mengulas, yaitu dengan menggunakan kata atau list kata yang sudah kita punya tadi dalam aktivitas writing (menulis) ataupun speaking (berbicara). Menulis diary, membaca sekaligus berkomentar di blog - blog berbahasa atau bertema bahasa Inggris juga merupakan cara paling cepat dalam belajar dan menguasai kosa kata bahasa Inggris.

Seperti yang saya bilang di atas bahwa dalam aktivitas membaca, melihat dan mendengarkan siaran di TV, radio atau musik terkadang kita menjumpai persamaan kata (synonym) atau variasi kata dalam waktu yang berbeda. Nah kata – kata yang seperti ini harus kita kelompokkan ulang menjadi satu untuk memudahkan kita dalam mengingat.