Senin, 29 September 2014

Tips Melakukan Listening dalam Belajar Bahasa Inggris

tips listening bahasa inggris
Listening adalah satu dari empat skill atau kemampuan bahasa Inggris selain speaking, writing dan reading. Pada umumnya cara belajar atau urutan dimana kita belajar bahasa Inggris adalah dari belajar grammar terlebih dahulu atau belajar menulis dan membaca, kegiatan listening cenderung dinomor sekiankan atau bahkan diabaikan. Tidak demikian menurut beberapa para senior ahli pembelajaran bahasa Inggris, listening justru menjadi urutan atau langkah awal yang benar dalam belajar bahasa Inggris agar proses menguasai bahasa asing yang satu ini bisa lebih cepat dan maksimal. 

Dengan melakukan listening Anda akan diperkenalkan secara langsung dengan pronunciation atau cara pengucapan bahasa Inggris oleh native speakers. Begitu banyak cotoh kata dan pola kalimat yang bisa Anda dengarkan. Semakin banyak melakukan listening, harapannya Anda akan semakin terbiasa dengan pengucapan kata dan pola kalimat bahasa Inggris sehingga nantinya akan menumbuhkan rasa percaya diri yang lebih cepat dan kuat untuk melakukan speaking atau berbicara bahasa Inggris. 

Ketika Anda sebagai pemula sudah mencoba berbicara bahasa Inggris, susunan kalimat yang Anda ucapkan mungkin akan banyak kesalahan grammar bagi seorang guru atau mereka yang sudah mengerti. Namun setidaknya tidak memperkenalkan grammar di awal belajar bahasa Inggris akan mengurangi rasa takut dan rasa percaya diri Anda untuk belajar dan mencoba berbicara bahasa Inggris.

Tips Melakukan Listening dalam Belajar Bahasa Inggris

Tips listening berikut mungkin akan membantu Anda cara melakukan kegiatan listening yang baik dan benar.

Niat yang bulat

Segala sesuatu yang diniatkan dengan kuat tentunya akan dilakukan sepenuh hati dengan segala resiko dan hambatan yang sudah dipahami sebelumnya. Niat yang bulat ini bisa timbul karena adanya suatu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan melakukan listening tentunya kembali kepada tujuan awal Anda belajar bahasa Inggris. 

Mencari bahan listening yang tepat

Sebagai pemula cobalah mencari bahan listening yang sederhana dulu dan lebih menyenangkan agar Anda tidak berpikir dan merasa sulit di awal belajar. Mendengarkan musik berbahasa Inggris mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Aspek belajarnya jelas dapat, selain itu lebih santai, menyenangkan dan bahkan irama musiknya terkadang bisa membangkitkan semangat untuk belajar listening lebih baik lagi. 

Semangat inilah yang harus Anda manfaatkan untuk mencoba materi listening yang lebih menantang misalkan menyimak dan mendengarkan berita berbahasa Inggris di TV, film-film Hollywood, siaran radio berbahasa Inggris, atau materi lain seperti halnya interview yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di youtube dan sumber lain di internet. 

Jangan berusaha menterjemahkan kata per kata ke dalam bahasa Indonesia

Ketika Anda melakukan aktivitas listening, janganlah berusaha untuk menterjemahkan kata perkata ke dalam bahasa Indonesia. Bagi pemula hal ini akan sia-sia dan menghambat proses belajar karena masih terbatasnya kosa kata dan durasi lyric lagu yang lebih cepat daripada kemampuan Anda untuk menterjemahkan. Dengarkan saja bagaimana suatu kata, frase atau kalimat tertentu diucapkan dan jika terdapat suatu kata atau frase yang hilang atau tidak bisa dipahami maka jangan panik dan abaikan saja. Fokus saja pada pengucapannya.

Sekali-kali boleh melihat subtle

Ada kalanya fokus pada pengucapan saja tidak cukup. Terkadang kita sangat penasaran, ingin tahu secara langsung apa sih makna atau terjemahan kata, frase, atau kalimat yang kita dengar tadi. Maka dari itu sekali-kali mata Anda boleh melirik dengan cekatan ke arah subtle atau tulisan terjemahan bahasa Indonesia yang ada di layar televisi. 

Lakukan kegiatan listening secara berulang-ulang

Anda perlu menyadari dalam aktivitas listening tidak akan semua kata, frase dan kalimat bahasa Inggris bisa Anda pahami 100 % dengan baik dan sempurna. Untuk bisa melakukannya, perlu banyak latihan berulang-ulang dan dilakukan secara teratur. Lebih baik setiap hari 20 menit latihan berkala daripada 5 hari latihan berturut-turut kemudian 1 bulan baru latihan lagi. 

Demikian beberapa tips mudah cara melakukan listening dalam belajar bahasa Inggris.