Selasa, 07 Oktober 2014

Materi Wajib di Kelas Percakapan Bahasa Inggris

materi percakapan bahasa inggris
Pada dasarnya materi percakapan bahasa Inggris bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda. Tidak perlu repot menyusun materi ajar berupa reading text dan soal latihan. Suatu benda di sekitar Anda, peristiwa atau kejadian hari ini dan kemarin bisa dijadikan bahasan yang cukup menarik di kelas conversation.

Tapi tunggu dulu, hal seperti di atas mungkin akan hanya cocok diterapkan kepada siswa yang level speaking skillnya sudah cukup aktif. Bagi pemula jawaban yang mungkin keluar dari setiap pertanyaan yang guru ajukan kepada siswa adalah kata yes or now saja. Ada banyak kemungkinan bagi seorang pemula kenapa 2 kata inilah yang selalu muncul. Malu untuk berbicara bahasa Inggris, kosa kata yang terbatas, belum tahu bagaimana menyusun kalimat yang baik, belum menguasai penggunaan kalimat tanya bahasa Inggris atau masih ragu bagaimana cara mengucapkan suatu kata dengan baik dan benar. Karena beberapa alasan inilah maka penyajian materi conversation harus disusun sedemikian rupa secara seimbang.

Materi Wajib di Kelas Percakapan Bahasa Inggris

Percakapan bahasa Inggris tentunya identik dengan kemampuan speaking. Jika memang demikian, Anda pasti berpikir bahwa materi yang dominan dipraktikkan adalah berbicara secara lisan. Memang benar adanya, namun pengembangan aspek kemampuan yang lain juga harus diberikan dengan proporsi yang sama agar beberapa alasan seperti disebutkan di atas bisa tereliminasi.

Listening

Baik itu belajar listening ataupun mengajarkan materi listening itu sendiri merupakan hal yang cukup besar peranannya dalam meningkatkan kemampuan speaking. Listening adalah model terbaik yang bisa dicontoh dan ditirukan oleh siswa sebagai upaya meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris. Bahan listening bisa didapatkan dengan mudah di internet atau media lain. Memilih bahan yang tepat yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan list kosa kata yang dimiliki siswa inilah yang memerlukan sedikit usaha. Tips dari saya, doronglah siswa Anda untuk mengisi Handphone masing-masing dengan beberapa musik berbahasa Inggris dan terbiasa mendengarkannya setiap waktu.

Reading

Reading erat kaitannya dengan pronunciation. Kegiatan ini bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan pada kelas percakapan manakala Anda sebagai guru bisa fasih dalam membaca dan memberikan contoh pengucapan yang tepat seperti halnya native speakers. Jika listening adalah model terbaik untuk berbicara, maka reading bisa dijadikan sebagai model alternatif sekaligus tempat untuk mencocokkan antara pengucapan suatu kata yang sudah didengar degan tulisan yang sebenarnya. 2 skill ini dominan dalam mengembangkan kemampuan speaking.

Writing

Jangan menganggap writing atau belajar menulis bahasa Inggris adalah aktivitas yang sia-sia dan menghabiskan waktu bagi mereka yang berada di kelas conversation. Justru bagi sebagian pemula yang masih merasa malu untuk berbicara bisa mengekspresikannya dulu dalam bentuk writing. Writing bisa menjadi pijakan awal yang baik sebelum melakukan speaking.

Grammar

Tata bahasa seringkali dianggap sebagai penghambat utama bagi seseorang yang ingin cepat menguasai kemampuan berbicara bahasa Inggris. Bukan tanpa alasan, seringkali seorang siswa merasa enggan dan tidak percaya diri untuk berbicara karena berpikir dan takut membuat kesalahan grammar dalam kalimatnya. Namun demikian belajar dan memahami grammar akan memperkuat kemampuan writing dan tentunya menguasai bahasa Inggris akan lebih sempurna jika tata bahasanya juga baik.

Empat skill bahasa yaitu listening, speaking, reading, dan writing serta grammar kesemuanya saling memperkuat satu sama lain. Kelimanya menjadi materi wajib di kelas percakapan bahasa Inggris dan pengajarannyapun tidak boleh diabaikan salah satunya.

This Is The Newest Post