Minggu, 30 Maret 2014

Tips Belajar Menulis Bahasa Inggris

menulis bahasa inggris,belajar menulis bahasa inggris,tips belajar menulis bahasa inggris
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada empat skill kemampuan berbahasa inggris yang harus dikuasai dengan baik secara bertahap yaitu listening, speaking, writing, dan reading. Untuk menguasai keempat skill tersebut secara sempurna memerlukan usaha yang keras dari Anda.

Mungkin dari keempat skill di atas yang paling sering dipelajari orang adalah cara cepat belajar berbicara bahasa inggris atau kemampuan speaking, belajar menulis bahasa inggris menjadi pilihan kedua yang mungkin akan diambil. Tentu saja listening dan reading juga tidak boleh diabaikan karena keempat skill tersebut tentunya saling mempengaruhi satu dengan yang lain dalam proses belajar.

Namun bagi seorang pemula yang tidak punya cukup banyak waktu dan biaya untuk mengikuti kursus percakapan bahasa inggris secara khusus, belajar menulis dalam bahasa inggris bisa jadi merupakan alternatif utama untuk mengembangkan kemampuan berbahasa inggris. Menulis bahasa inggris bisa menjadi pijakan yang kuat untuk percaya diri dalam berbicara bahasa inggris.

Tips belajar menulis bahasa inggris 

Menulislah dari yang paling sederhana dan banyak mencontoh

Tidak ada hal yang akan terwujud setidaknya terlaksana kalau Anda tidak take action dari sekarang. Cobalah untuk menulis bahasa inggris dari pola kalimat yang sederhana dulu semisal SP, SPO, atau SPOK. Untuk mengembangkan pola kalimat yang Anda tulis maka rajin – rajinlah mengamati dan mencontoh dari pola – pola kalimat yang Anda temukan. Menemukannya dimana Mas ? tentu saja Anda harus memperbanyak kegiatan membaca teks berbahasa inggris dari berbagai sumber. Saran saya carilah bacaan yang sederhana dulu semisal reading text buku bahasa inggris anak SD, majalah kanguru Indonesia yang arsipnya masih bisa Anda baca di www.kanguru.org. Keduanya menurut saya pribadi memiliki struktur kosa kata sehari – hari yang masih mudah untuk dipahami.

Memiliki kamus bahasa inggris yang bagus

Kamus bahasa inggris yang bagus disini bukannya kamus yang ada di toko – toko yang berjudul kamus lengkap 1 milyar atau 5 milyar, tidak bergantung dari jumlah kata yang termuat. Kamus yang baik tidak hanya menunjukkan arti per kata saja melainkan juga dilengkapi dengan jenis kata apakah itu noun, verb, adjective, ataukah adverb, bahkan yang lebih bagus lagi memberikan contoh penggunaan kata tersebut dalam kalimat secara tepat dan benar. John Echols dan Hassan Sadily merupakan contoh kamus bagus yang bisa Anda gunakan.

Mampu menggunakan diksi

Diksi merupakan pilihan kata yang Anda gunakan dalam menulis kalimat bahasa inggris. Tidak semua kata dalam bahasa Indonesia bisa Anda terjemahkan begitu saja ke dalam bahasa Inggris tanpa melihat dulu konteks kalimatnya. Sebagai contoh kata atau frase ‘bunga melati’ dalam bahasa inggris ditulis ‘jasmine flower’, namun kalau kita ingin menuliskan ‘bunga bank’ dalam bahasa inggris maka tidak boleh ‘bank flower’ karena yang betul adalah ‘interest’. Contoh yang lain kalimat ‘badanku tidak enak’, jangan Anda tulis ‘my body is not delicious’ tapi yang benar adalah ‘my body is sick’ atau bisa juga ‘I am not really well’. Lalu bagaimana agar Anda mahir menggunakan diksi ? Ada dua cara melakukannya, yaitu melengkapi referensi kamus Anda. Jadi selain punya kamus umum, diharapkan juga memiliki kamus khusus yang terkait dengan istilah – istilah tertentu dan spesifik dalam bidang disiplin ilmu. Misalkan kamus khusus bahasa inggris terkait dengan sejarah Islam, kedokteran atau perindustrian. Cara yang kedua yaitu dengan memperbanyak kegiatan membaca reading text berbahasa inggris, bisa dari the jakarta post, majalah asing dll.

Mempelajari grammar bahasa inggris

Untuk memiliki kemampuan menulis bahasa inggris dengan baik, tidak ada cara yang lebih bagus selain mempelajari dan mengusai tata bahasa inggris secara mendetail. Meski demikian grammar tidak boleh menjadi penghambat bagi seseorang untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggrisnya. Untuk mulai belajar menulis, atau berbicara maka Anda tidak perlu menunggu dulu sampai menguasai grammar dengan sempurna. Tak action atau sering – seringlah mempraktikkan menulis dan perbanyak kegiatan membaca maka niscaya kemampuan Anda akan berkembang. Penguasaan grammar yang bagus tanpa dipraktikkan hanya akan menghasilkan tulisan yang kaku.