Rabu, 23 April 2014

Penyebab Anak Tidak Suka Bahasa Inggris

penyebab anak tidak suka bahasa inggris,bahasa inggris,cara belajar bahasa inggris
Penyebab Anak Tidak Suka Bahasa Inggris - Mengenal dan memahami karakteristik anak atau peserta didik adalah tugas seorang guru terutama orang tua sebagai upaya untuk membantu dan memaksimalkan kemampuan anak dalam proses belajar. Kalau seorang anak tidak suka dengan mata pelajaran tertentu, tentunya ada penyebab yang perlu digali dan diraba, kalau toh penyebab itu berasal dari diri kita sendiri sebagai seorang pengajar, maka sudah sepatutnya kita memperbaiki diri. Sebaliknya kalau penyebab itu datangnya dari karakteristik siswa itu sendiri, maka hendaknya kita juga peduli, tidak egois dan mengabaikan siswa begitu saja tanpa ada usaha dan solusinya.

Penyebab anak tidak suka bahasa Inggris

Belum mengenal bahasa Inggris sebelumnya

Seorang anak yang belum pernah mengenal bahasa Inggris sebelumnya pasti akan mengalamai kesulitan belajar pada tingkat SMP. Hal ini perlu mendapatkan perhatian yang serius dari guru dan orang tua untuk memperkenalkan bahasa asing yang satu ini kepada anak sejak usia dini. Siswa akan merasa sulit karena selain belum pernah mengenal bahasa inggris, mereka pasti juga merasa kalah dengan teman lain yang sudah mendapatkan pelajaran bahasa inggris dari TK dan SD. Kesulitan ini jika tidak diatasi akan mengakibatkan anak tidak suka dengan bahasa Inggris. Untuk referensinya Anda bisa baca artikel yang berjudul cara agar anak cepat belajar bahasa Inggris

Proses pembelajaran yang sulit

Ada beberapa faktor yang menyebabkan proses pembelajaran di kelas terkesan sulit dan membosankan bagi siswa, antara lain guru atau mentor yang kurang menguasai materi pembelajaran di kelas, model pembelajaran yang kurang bervariasi, serta kurangnya kedekatan psikologis guru dengan siswa dalam membimbing.

Jika dalam kelas guru menguasai materi pembelajaran dengan baik, maka dipastikan 60-70 % sudah berhasil dalam proses pembelajaran, karena siswa akan merasa nyaman dan mudah jika mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan mudah pula. Penyampaian materi yang mudah dipahami siswa ini tidak akan ada kalau gurunya tidak menguasai materi secara sempurna.

Selebihnya tergantung dari model pembelajaran serta bimbingan dan pendampingan yang baik kepada siswa. Anda perlu menyadari bahwa kemampuan dan daya pikir setiap anak berbeda-beda. Mereka yang lamban dalam berpikir jangan Anda abaikan begitu saja, karena mungkin kesulitan mereka akan terpecahkan dan pada akhirnya merasa mudah karena bimbingan intensif dalam proses belajar yang Anda berikan. Kalau ketiga prasyarat di atas tidak terpenuhi maka dipastikan anak tidak akan suka dengan bahasa Inggris

Stigma negatif buat apa belajar bahasa Inggris

Pandangan negatif seperti ini mungkin tidak berlaku bagi mereka yang tinggal di perkotaan, namun saya sendiri masih sering menjumpai hal seperti ini di lingkungan sekolah pedesaan dan kecamatan baik itu SD, SMP, atau SMA. Ada yang berpendapat buat apa belajar bahasa Inggris atau mahir bahasa inggris, wong kita orang desa saja. Nah, hayoo kalau sudah seperti ini mau diapakan lagi coba ? dipaksakan untuk bisa suka sama bahasa yang satu ini ? kayaknya tidak ! :)

Sekian artikel penyebab anak tidak suka bahasa Inggris dan semoga bermanfaat