Rabu, 16 April 2014

Cara Agar Anak Cepat Belajar Bahasa Inggris

cara cepat belajar bahasa inggris,cara agar anak cepat belajar bahasa inggris
Menggali dan mencari cara agar anak bisa cepat belajar bahasa inggris bukanlah perkara mudah dan menyenangkan bagi guru ataupun orang tua, bahkan kebanyakan dari orang tua sendiri lebih memilih lembaga kursus atau guru private untuk menghandle masalah ini daripada harus bersusah payah sendiri di rumah mencari-cari cara kreatif agar buah hatinya bisa cepat belajar bahasa inggris tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Tips agar anak bisa cepat belajar bahasa inggris

Pastikan anak mengenal bahasa inggris di sekolah dasarnya

Memperkenalkan bahasa inggris sejak dini sama artinya dengan membantu anak untuk lebih siap menghadapi pembelajaran bahasa asing yang satu ini kelak dikemudian hari. Ini berarti juga mempermudah anak nantinya untuk beradaptasi dengan teman-temannya dalam kelas bahasa inggris. Coba bayangkan ketika anak masuk SMP dan dalam satu kelas ternyata hanya dia yang belum mempunyai dasar, pastinya anak akan merasa sulit untuk mengikuti teman-temannya. Kalu sudah merasa sulit di awal mengenal bahasa inggris, bisa jadi anak malah tidak suka.

Buatlah semuanya menjadi mudah

Pada tahap awal belajar dan mengenal bahasa Inggris, seorang anak pastinya akan merasa sulit dalam mengikuti pembelajaran. Maklum saja karena mereka belum pernah sama sekali mengenal bahkan mendengar pengucapannya dari Ibu atau lingkungan sekitarnya. Untuk itu sangat dianjurkan sekali dalam pembelajaran bahasa Inggris di TK atau SD dengan cara yang semudah mungkin dan menyenangkan, tidak boleh memaksakan pencapaian materi sesuai dengan Kompetensi Dasar yang ada di LKS karena yang ada akan malah membosankan dan belajar bahasa inggris terkesan sulit.
Kreatifitas seorang guru atau pengajar menjadi seni tersendiri yang harus selalu digali dan dikembangkan sehingga anak tidak merasa bosan untuk mengenal dan mempelajari bahasa asing yang satu ini. Kalau Anda seorang guru atau mentor bahasa Inggris untuk anak usia TK atau SD, jangan hanya mengandalkan LKS dan tidak mempersiapkan media pembelajaran lain yang membuat anak lebih aktif dalam proses pembelajaran. Ingat, kunci agar anak cepat belajar bahasa Inggris adalah keaktifan anak dalam proses belajar, dan keaktifan itu akan terwujud kalau guru atau mentornya juga kreatif dalam menyajikan materi pembelajaran 

Belajar melalui bermain, menyanyi, gambar, dan menirukan

Belajar melalui bermain, menyanyi, dan gambar merupakan salah satu bentuk pembelajaran kreatif yang bisa digunakan. Terlepas dari itu semua, kreatifitas guru tidak terbatas pada cara penyajian atau model bermain,menyanyi atau ragam gambar yang digunakan.

Anda boleh melirik kelas khusus bahasa Inggris di kota Anda

Jika Anda sudah membaca ketiga hal di atas, pilihan yang keempat ini boleh Anda lirik jika mempunyai uang lebih. Kelas khusus bahasa Inggris untuk anak bisa menjadi pilihan yang tepat guna mendapatkan ketiga prasyarat di atas guna melengkapi kelas bahasa Inggris di sekolah. Namun disini Anda juga harus jeli memilih kelas bahasa untuk buah hati Anda, jangan sampai sudah mengeluarkan banyak biaya tetapi kemampuan bahasa inggris anak kurang berkembang.

Jadilah mentor bahasa Inggris yang baik untuk anak Anda sendiri

Cara yang satu ini akan lebih efektif dan tentunya hemat biaya jika Anda sendiri sebagai orang tua siswa menguasai bahasa Inggris minimal dasar, untuk memperkenalkan bahasa yang satu ini kepada buah hati sejak usia dini. Banyak cara yang bisa Anda gali untuk memperoleh metode serta media yang tepat untuk mendorong anak lebih aktif dalam proses belajar.

Demikian beberapa tips dan cara agar anak cepat belajar bahasa inggris