Selasa, 15 Juli 2014

Penggunaan Mudah Simple Present Tense Bahasa Inggris

Tags

penggunaan simple present tense
Simple present tense merupakan salah satu tenses bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ada 4 konsep mudah penggunaan simple present tense dalam bahasa Inggris yang perlu kita ketahui agar lebih mudah nanti mengaplikasikannya dalam kalimat. Konsep ini sebagai pedoman mutlak untuk meminimalisir kesalahan penggunaan bentuk waktu karena nantinya ada sekitar 16 bentuk waktu bahasa Inggris yang harus dipelajari dan dipahami.

Secara umum simple present mengeekspresikan kegiatan, peristiwa, atau situasi yang selalu dan biasa terjadi. Keberadaannya bisa berlangsung sekarang, di masa lalu atau bisa mungkin akan tetap ada dan berlangsung di masa yang akan datang. Bingung ya ? O:) . Nah, perhatikan saja konsep cara mudah menggunakan simple present tense bahasa Inggris berikut ini !

1. Menyatakan kebenaran umum
Jadi pernyataan atau peristiwanya memang benar adanya dari dulu sampai sekarang bahkan sampai di masa yang akan datang.
Contoh :
The sun rises in the east
Matahari terbit dari Timur
Dari dulu hingga sekarang bahkan mungkin di masa yang akan datang matahari akan selalu terbit dari Timur

The world is round
Bumi itu bulat

2. Simple present digunakan untuk menyatakan suatu kebiasaan atau kegiatan sehari-hari, terjadi berulang-ulang atau terus-menerus
I drink mineral water everyday
Saya minum air mineral setiap hari

He goes to school every Monday to Saturday
Dia pergi ke sekolah setiap hari Senin sampai Sabtu

3. Membicarakan hal yang akan datang, dalam hal ini berkenaan dengan jadwal, program, acara atau kegiatan lain yang terencana atau berseri
Contoh :
My classes begin at eight
Pembelajaran dimulai pada pukul delapan

The plane arrives at 07.30
Pesawatnya tiba pukul 07.30

4. Kata kerja stative
Dalam kalimat kata kerja berikut menunjukkan waktu sekarang tetapi selamanya tidak boleh dalam bentuk continuous melainkan harus dalam bentuk simple present. Dengan kata lain meski mengindikasikan kegiatan atau peristiwa yang sedang berlangsung pada saat berbicara (continuous) namun tetap harus dalam bentuk present tense. Kata kerja stative tersebut antara lain :
appera, belong, believe, forget, hear, hate, have, know, taste, owe, like, love, mean, mind, need, own, prefer, understand, realize, want, remember, seem, see, smell, want dan wish.
Terpaksa harus dihafalkan ya ! :-)
Contoh :
Benar : I need a pen right now
Salah  : I am needing a pen right now

Benar : I know you now
Salah  : I am knowing you now

4 konsep mudah penggunaan simple present tense bahasa Inggris di atas tidak akan banyak membantu jika Anda tidak mempraktikkan dan menggunakannya dalam kegiatan menulis atau berbicara bahasa Inggris setiap hari. Latihan tetap menjadi prioritas utama dalam belajar bahasa Inggris.